Minggu, 02 April 2017

Efek Samping Omega 3 – Efek Samping Serius yang Harus Anda Ketahui

Efek Samping Omega 3 – Efek Samping Serius yang Harus Anda Ketahui
Efek Samping Omega 3 – Efek Samping Serius yang Harus Anda Ketahui
Karena banyaknya kondisi medis yang dapar disembuhkannya, mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 tinggi atau suplemen omega 3 seringkali menjadi bagian dari makanan sehari-hari yang semakin umum. Bila mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar omega 3 tinggi dapat dianggap aman, belum tentu dengan suplemen omega 3. Sama seperti vitamin lainnya, suplemen yang mengandung asam lemak omega 3 tersebut dapat dianggap berbahaya bagi kesehatan terutama bila dikonsumsi dalam dosis tinggi. Minyak ikan, minyak hati ikan cod dan minyak biji-bijian merupakan tiga suplemen yang paling populer dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi ketiganya memiliki efek samping omega 3.

Minyak Ikan

Efek samping dari minyak ikan pada dasarnya tergantung pada merk atau produsen dari suplemen tersebut. Untuk meminimalisir efek samping seperti belching, diare, kembung, dan mual, mengganti suplemen dengan merk lain seringkali membantu. Cukup bijak untu mulai mengkonsumsi suplemen ini dengan dosis renda dan meningkat secara bertahap hingga mencapai dosis yang dianjurkan.

Beberapa efek samping dari konsumsi minyak ikan antara lain ialah bau badan yang amis atau “nafas amis”, yang termasuk bersendawa berbau ikan, dan peningkatan kadar kolesterol buruk atau LDL. Di lain pihak, orang dengan diabetes harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi minyak ikan karena konsumsi minyak ikan dapat mempersulit kontrol gula darah tubuh pada orang diabetes. Selain itu, sejak minyak ikan merupakan materi penurun ketebalan darah alami, penggunaan dosis tinggi dapat menyebabkan penurunan ketebalan darah yang berlebihan dan dapat menyebabkan gangguan perdarahan.

Minyak biji-bijian

Mengkonsumsi minyak biji-bijian dalam jumlah yang cukup sangatlah dianjurkan karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang berpotensi membahayakan kesehatan. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya. Pasien gangguan kandung kemih harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai mengkonsumsi minyak biji-bijian karena penyakit tersebut dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan minyak biji-bijian. Wanita hamil atau menyusui juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa asam lemak tersebut tidak memiliki efek samping pada kehamilannya.

Minyak Hati Ikan Cod

Minyak hati ikan cod mengandung vitamin A dan D yang dapat menjadi racun bagi kesehatan bila dikonsumsi terlalu berlebihan. Efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi berlebihan ialah gangguan kehamilan pada wanita hamil dan gangguan pertumbuhan tulang, menyebabkan orang lebih rentan terhadap fraktur tulang. Selain itu, konsumsi berlebihan juga dapat mengganggu koagulasi darah, meningkatkan kemungkinan terjadinya stroke hemorarrhgik. Minyak hati ikan cod juga dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih rentan terhadap berbagai jenis infeksi dan penyakit.

Meskipun tidak terdapat anjuran yang spesifik mengenai jumlah kandungan omega 3 yang dianjurkan, FDA menyatakan konsumsi tiga gram asam lemak omega 3 per harinya sebagai batas aman. Namun disarankan bagi setiap orang yang hendak memulai konsumsi asam lemak esensial setiap hari untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kadar yang paling tepat untuk dikonsumsi. Jumlah yang berlebihan per harinya dapat menyebabkan berbagai efek samping omega 3 dan dapat mengganggu medikasi yang sedang diambil oleh orang tersebut.
Previous Post
Next Post

0 komentar: