Sabtu, 01 April 2017

Apa Saja Sumber Asam Lemak Omega 3 Terbaik?

Apa Saja Sumber Asam Lemak Omega 3 Terbaik?
Apa Saja Sumber Asam Lemak Omega 3 Terbaik?
Manfaat dari asam lemak omega 3 sangatlah banyak sehingga banyak orang penasaran untuk mempelajari mengenai sumber-sumber asam lemak omega 3 yang dapat ditambahkan dalam pola makan harian mereka. Omega 3 merupakan suatu asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, bersamaan dengan EFAs lainnya seperti alpha-linoleic acid (ALA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Manfaat dari konsumsi omega 3 di antaranya ialah menurunkan kadar kolesterol buruk dalam darah, mengencerkan darah, dan meningkatkan sistem imun.

Bila anda ingin meningkatkan jumlah asam lemak omega 3 dalam makanan sehari-hari anda, maka anda perlu mencari sumber makanan lain yang mengandung asam lemak omega 3. Pada akhirnya, diet anda harus mengandung asam lemak jenis tersebut karena tubuh anda tidak dapat memproduksinya sendiri. Menutur riset kesehatan, ada dua sumber asam lemak omega 3 yang cukup besar : tumbuhan dan ikan.

Minyak Ikan dipercaya sebagai sumber omega 3 terbesar. Tapi satu fakta yang membuat minyak ikan sebagai pilihan sehat dalam memenuhi kebutuhan omega 3 anda ialah minyak ikan mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexanoic (DHA). Kedua asam lemak esensial tersebut merupakan dua bentuk dari asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan tubuh. Beberapa ikan yang direkomendasikan untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari anda ialah tuna, makarel, trout, sarden, anchovies, dan salmon.

Sementara minyak ikan mengandung banyak asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh anda, anda juga harus mengetahui dan mewaspadai beberapa hal. Ikan seringkali terkontaminasi oleh toksin seperti DPBs, mercury, atau dioxis yang dapat diakumulasikan dalam tubuh anda dan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Anjuran yang dibuat oleh dokter saat ini akan membantu anda menjaga konsumsi minyak ikan anda dalam jumlah yang cukup, misalnya paling sedikit dua kali per minggu, tetapi tidak lebih dari empat porsi.

Selain ikan, tumbuhan juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik. Tidak seperti minyak ikan yang mengandung EPA dan DHA, anda hanya akan memperoleh ALA atau alpha-inoleic acid dari tumbuhan. Sumber yang paling signifikan dari asam lemak tersebut ialah sayuran yang hijau dan berdaun seperti brokoli, bayam, labu, perilla, minyak canola, dan minyak biji-bijian.

Riset telah mendukung bahwa asam lemak omega 3 yang diperoleh dari minyak biji-bijian sangatlah bermanfaat bagi kesehatan, seperti mencegah atau mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Selain peningkatan kadar omega 3, minyak tersebut juga merupakan sumber yang baik bagi phytochemicals dan serat.

Berhubungan dengan menentukan sumber asam lemak omega 3 yang terbaik, anda dapat menggunakan prinsip yang sama dengan yang dianjurkan para dokter untuk pola makan yang sehat – anda harus menyeimbangkan sumber ikan dengan tumbuhan. Bukan hanya semata-mata untuk memperoleh jumlah asam lemak yang cukup bagi tubuh anda, tapi anda juga harus memperoleh nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh anda untuk berfungsi dengan baik.
Previous Post
Next Post

0 komentar: